Kamis, 31 Oktober 2013

Adobe, I, and My Work...

Semua berawal dari kegemaranku mengutak-atik foto lewat program Adobe Photoshop. Waktu itu aku hanya mengerti dasar-dasarnya saja. Seperti membesarkan dan mengecilkan foto, meng'crop' foto, dan menggunakan beberapa tool yang ada di Adobe. 

Aku baru mulai betul-betul menyukai program ini setelah aku diajari secara "privat" oleh mantan pacarku (yang sekarang sudah menjadi suamiku tentunya ^^). Aku mulai memahami fungsi dari masing-masing tool dan teknik-teknik lain utk meng'edit foto.

Kemudian ketika keponakanku akan berusia 1 bulan, aku menawarkan diri untuk membuatkan kartu ucapan yang nantinya bisa ditempelkan pada kotak souvenirnya. Maka jadilah karya pertamaku yang menuang banyak pujian dari keluargaku. Hehehehe... Waktu itu seneng banget, karena ternyata hasil karyaku ga malu-maluin.





Proyek pertama selesai, berlanjut ke proyek kedua, dan ketiga. Pas keponakanku berumur setahun, aku dipercayakan kembali untuk membuat kartu ucapan yang bakalan ditempelkan pada souvenir ultahnya. Kebetulan waktu itu (cuma berselang 1 hari) anakku yang pertama (Kenzo) juga berusia 1 bulan. Jadi kartunya aku bikinkan sekalian dehh...







Yang namanya manusia, pasti ga ada rasa puasnya. Setelah melewati satu tantangan, pasti ingin mengambil tantangan lain. Karena waktu itu belum ada orang yang percaya sepenuhnya pada kemampuanku, maka setiap moment anakku, aku jadikan sarana unjuk kemampuanku. Bener-bener tipe orangtua yang ga mau rugi. Hahaahaa...


Ini desain yang aku buat untuk b'day party Kenzo yang pertama

Kalo ini souvenir yang aku buat sendiri untuk b'day party Kenzo
(Not bad lahhh...hehehehee...)

Membuat souvenir kayak gini ga bikin aku jadi capek ataupun kapok. Tapi aku malah jadi tambah semangat untuk membuat souvenir yang lain. Makanya pas ultah Kenzo yang ketiga pun ga luput dari hasil karyaku.






Pas hamil anak kedua (Keizo), aku dan suamiku (dengan berbagai pertimbangan) memutuskan untuk langsung membagikan souvenir kepada setiap keluarga atau pun teman yang datang menjenguk di hari kelahiran anakku. Waktu itu aku sengaja mengambil cuti kerja 1 bulan sebelum melahirkan. Dengan pertimbangan kesehatan (aku udah ga kuat lagi naik turun tangga di kantor) dan juga karena aku ingin bisa segera membuat souvenirnya agar bisa dibagikan tepat pada hari kelahiran anakku. Kebayang ga sih gimana susahnya bikin souvenirnya itu dalam keadaan hamil tua. Duduk terlalu lama sakit, berdiri terlalu lama juga sakit. Tapi demi sebuah obsesi akhirnya aku bisa bertahan juga ^^.


Ini desain yang aku buat untuk ditempelkan di box dan dicetakan di mug.




Melihat hasilnya, rasanya semua rasa lelah jadi hilang deh. Apalagi proses kelahiran berjalan lancar dan anakku bisa lahir dengan selamat. Puji Tuhan...
Sekarang aku malah berpikir untuk membuat souvenir lagi untuk ultah anakku yang selanjutnya. Gawattt... Kayaknya aku jadi ketagihan. Tapi untuk sesuatu yang positif, gpplah kalo sampe ketagihan. Asal ga sampe lupa waktu untuk mengurus suami dan anak ^^.

Sampai sekarang, Puji Tuhan... sudah ada teman-teman maupun keluarga yang mulai minta dibikinkan desain entah itu untuk ultah, lamaran, ataupun untuk bisnis.


Ini brosur tour. Pesannya dadakan. Untunglah bisa selesai tepat waktu.


Pertama kalinya bikin kartu untuk acara lamaran ^^

Ini undangan untuk acara gathering. Minta dibikinkan undangan seperti tiket nonton bioskop.

Ini minta dibikinkan stiker utk di lollipop. Lucu yaa^^


Menu untuk depot.

Ga pernah kebayang sebelumnya kalo hobi'ku dalam mengutak atik foto bakalan jadi side-job'ku (dan aku berharap suatu saat bakalan jadi main-job'ku). Malah sekarang berkembang jadi pembuat souvenir juga. Hasil yang aku dapat dari usaha ini lumayan juga lhoh. Paling ga bisa untuk nambah-nambah uang saku. Heheehee... Tapi bagiku, yang terpenting dari semua ini bukanlah nilai rupiah yang dihasilkan. Melainkan kepuasan yang aku peroleh setelah melihat hasil karyaku sendiri.

Oiya... Satu hal lagi... Kayaknya aku harus berterimakasih kepada suamiku yang telah mengajariku program Adobe ini. I dedicated all my work for him...











Tidak ada komentar:

Posting Komentar